Pin It

6 Olahan Bumbu Rendang yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh

Jalan-jalan ke Sumatera Barat. Liburan untuk hilangkan penat. Main-main ke pekan terdekat. Jangan lupa beli oleh-oleh untuk kerabat. Ya, oleh-oleh memang lekat dengan hasil dari jalan-jalan. Meski kerabat tidak meminta, jika ada uang lebih tidak ada salahnya melirik oleh-oleh dari olahan bumbu rendang.

Bumbu rendang memang identik untuk memasak daging sapi, tapi kini masyarakat minang telah berinovasi. Makanan ringan yang asik buat camilan pun jadi pilihan. Ini dia 6 olahan bumbu rendang yang cocok dijadikan oleh-oleh.

  1. Keripik Singkong Rendang

Jika selama ini Keripik Balado menjadi primadona, coba lirik saudaranya yang sama-sama berbahan dasar singkong. Renyahnya singkong yang satu ini berpadu dengan bumbu rendang pedas. Warnanya coklat keemasan dan rasa pedasnya yang mengigit bikin ketagihan.

  1. Keripik Kentang Rendang

Sama seperti Keripik Singkong Rendang, namun cemilan yang satu ini terbuat dari bahan dasar kentang. Irisan kentang tipis, kering nan gurih berselimut bumbu rendang pedas. Selain jadi cemilan, dia juga cocok untuk jadi pendamping nasi atau mie.

  1. Roti Randang

Pernah makan Roti Abon? Nah, Roti Randang (Bahasa Padang Rendang yang juga berarti menyangrai) sedikit mirip dengan Roti Abon, tapi isinya adalah daging rendang kering asli. Pedas dan manis pun lumer di lidah. Ada dua pilihan bentuk, satu porsi berbentuk bulat dan yang satu berbentuk gulung.

6 Olahan Bumbu Rendang yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh

  1. Rendang Telur Kering

Keunikan dari oleh-oleh yang satu ini ialah bentuknya yang tidaklah menyerupai telur. Bentuknya justru seperti keripik yang pipih dan memiliki tekstur kering nan gurih. Bahan utamanya ialah tepung terigu dan telur ayam. Bumbunya tentu bumbu rendang khas Payakumbuh.

  1. Rendang Runtiah

Runtiah dalam Bahasa Padang artinya suwir. Ya, ini adalah rendang suwir yang kering dan renyah. Suwiran daging sapi yang diolah dengan bumbu rendang cocok dijadikan lauk untuk mendampingi nasi hangat.

  1. Rendang Paru

Sesuai namanya, rendang ini terbuat dari paru-paru sapi. Cita rasa dan aroma mencolok yang tentu berbeda dengan rasa daging sapi. Ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang berani mencoba rasa lain dari rendang.

Enam merupakan jumlah yang tidak sedikit untuk pilihan camilan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Anda pun bebas memilih satu atau beberapa di antaranya sesuai dengan selera Anda. Rasanya pun pasti tidak patut untuk dipertanyakan lagi. Pedas dan gurih menyatu dalam setiap gigitan camilan khas Minangkabau ini. So, satu hal yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan uang saku lebih untuk membeli oleh-oleh olahan bumbu rendang yang pastinya istimewa. Selamat liburan dan jangan sampai oleh-olehnya ketinggalan, ya. Semoga bermanfaat.

Posted in: Lifestyle