Pin It

Beasiswa Tanoto Foundation Turut Menjaga Kelestarian Hutan dan Pertanian

“Hei, Indonesia-ku! Tanah subur, rakyat makmur,” itulah sepenggal lirik lagu anak-anak tahun ‘90-an. Bukan hanya sekadar nyanyian, namun Badan Pusat Statistik, hingga Januari 2015, pun menyatakan bahwa luas kawasan hutan dan perairan di negeri kita mencapai 129.425.000,- hektare. Angka tersebut membuat Indonesia masuk ke dalam sepuluh besar negara dengan wilayah hutan terluas di dunia.

tanoto

            Selain luas wilayah, Indonesia juga memiliki tanah yang subur dengan iklim tropis. Seharusnya pertanian bisa menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar. Namun, menurut Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, kontribusi sektor pertanian terhadap Gross Domestic Product pada tahun 2016 baru mencapai 15 persen. Padahal, semestinya bisa jauh lebih tinggi.

            Fakta ini tidak lepas dari semakin berkurangnya anak-anak calon pemimpin masa depan Indonesia yang mau bekerja di sektor kehutanan dan pertanian. Sangat sedikit yang mau terjun kembali ke desa masing-masing untuk mengembangkan potensi hutan dan pertanian di negeri kita.

            Maka, ketika ada pemuda yang mau mengembangkan potensi hutan dan pertanian di Indonesia, Tanoto Foundation tidak segan untuk mendukung. Yayasan yang didirikan oleh pengusaha sukses Indonesia, Sukanto Tanoto, ini bahkan secara khusus menyediakan beasiswa vokasi bagi mereka.

            Beasiswa vokasi merupakan satu dari sekian banyak jenis beasiswa Tanoto Foundation yang dikhususkan untuk para lulusan Sekolah Menengah Atas di daerah pedesaan yang mau menuntut ilmu untuk berkarier di bidang pertanian dan kehutanan.

            Kala melakukannya, kegiatan Tanoto Foundation bekerjasama dengan beberapa pihak swasta dan perguruan tinggi, seperti Institut Pertanian (Instiper) di Yogyakarta dan Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) di Bandung.

            Tidak disangka, peminat beasiswa vokasi begitu besar. Sampai bulan Desember 2015 lalu, tercatat ada 356 orang yang memanfaatkan beasiswa ini. Tentu saja, jumlahnya kian meningkat sampai sekarang.

            Setelah lulus, para penerima beasiswa vokasi banyak yang bekerja di berbagai industri pertanian dan kehutanan Indonesia. Tak sedikit pula yang berkiprah di sejumlah perusahaan internasional yang bergerak di bidang tersebut.

            Semua kegiatan Tanoto Foundation dilakukan sebagai bagian dari misi keluarga Sukanto Tanoto dalam memudahkan akses masyarakat ke pendidikan berkualitas. Melalui beasiswa vokasi, diharapkan dapat meningkatkan kecintaan generasi penerus bangsa untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian hutan.

Posted in: Lifestyle