Pin It

Hati-Hati! Bahaya Kolesterol Bisa Mengganggu Kesehatan Ibu Hamil

Bukan hanya lansia yang membutuhkan asupan makanan untuk kolesterol yang kandungan gizinya seimbang. Ibu hamil pun membutuhkan asupan serupa untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri dan calon bayinya. Kehamilan merupakan hal yang sangat membahagiakan. Oleh karena itu, semua ibu hamil pasti berusaha untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan selama hamil.

Jangan sampai konsumsi makanan yang berlebihan menyebabkan kadar kolesterol tinggi pada ibu hamil, karena ibu hamil bisa mengalami beberapa gangguan kesehatan ini bila kadar kolesterolnya sedang tinggi :

Daya Tahan Tubuh Menurun Drastis

Daya tahan tubuh bisa menurun secara drastis kalau kadar kolesterol ibu hamil sedang dalam keadaan tinggi. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi kesehatan calon bayi. Jangan sampai ibu yang sedang mengandung mengalami komplikasi penyakit lain akibat kadar kolesterol tinggi. Daya tahan tubuh ibu hamil harus berada dalam keadaan baik sampai tiba waktunya melahirkan.

Suplai Nutrisi untuk Calon Bayi Jadi Terhambat

Kadar kolesterol yang terlampau tinggi juga bisa menyebabkan suplai nutrisi untuk calon bayi jadi terhambat. Hal ini dapat terjadi karena proses peredaran darah pada tubuh ibu hamil sedang terganggu. Akibatnya, darah yang mengandung pasokan nutrisi tidak tersalurkan secara maksimal untuk calon bayi. Bila dibiarkan berlarut-larut, tumbuh kembang calon bayi pun bisa terganggu.

Bahaya Kolesterol

Ibu Hamil Mudah Mengalami Anemia

Anemia merupakan penyakit yang menjadi musuh besar bagi para ibu hamil. Sayangnya, peredaran darah yang terhambat oleh kolesterol memang bisa menyebabkan ibu hamil menjadi anemia. Namun jangan panik dulu. Sebab, hal ini bisa diatasi dengan cara berkonsultasi ke dokter, menjalani aktivitas olahraga yang sesuai untuk ibu hamil, serta mengonsumsi makanan bergizi.

Rasa Sakit Kepala dan Pegal Berlebihan

Wajar saja bila ibu hamil mengalami pegal dan sakit kepala. Namun kondisi gangguan kesehatan ini harus diwaspadai bila rasanya sudah sangat mengganggu. Alangkah baiknya jika ibu hamil melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kadar kolesterol. Sehingga kolesterol yang tinggi bisa dideteksi sejak awal dan lekas ditanggulangi.

Konsumsi makanan yang mengandung rendah kolesterol akan membantu ibu dan calon bayi agar tetap sehat selama masa kehamilan. Jangan malas mencari informasi dan membuat kreasi makanan sehat untuk ibu hamil. Kadar kolesterol senantiasa stabil, ibu hamil pun akan menjadi lebih sehat.

Posted in: Kehamilan, Kesehatan