Pin It

Inilah 4 Tempat Wisata Alam Kalimantan yang Harus Anda Kunjungi

Pulau Kalimantan memiliki banyak spot wisata alam terkenal, mulai taman nasional, danau, pantai, hingga desa tradisional. Bagi Anda yang belum tahu simak 4 tempat wisata alam Kalimantan berikut ini!

  1. Danau Tahai

Danau Tahai yang berada di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Provinsi Kalimantan Tengah merupakan tempat wisata alam Kalimantan yang cukup digemari. Jaraknya sekitar 29 km dari pusat kota Palangkaraya. Danau kecil ini tergolong unik karena memiliki air yang berwarna merah. Berdasarkan penelitian, warna merah pada air danau merupakan efek dari akar-akar pohon yang terdapat pada lahan gambut karena memang di sekitar danau terdapat hutan gambut yang lebat dan subur.

Daya tarik danau yang menjadi destinasi wisata alam Kalimantan ini antara lain panorama alamnya yang indah menawan, keberadaan rumah-rumah terapung, dan hutan gambut. yang disebut rumah lanting. Di kawasan ini pengunjung bisa berkeliling danau dengan perahu tradisional yang disebut jukung atau bisa melakukan trekking menjelajahi kawasan hutan gambut di mana hidup jenis kera yang saat ini tergolong langka, yaitu Uwak-Uwak.

Wisata Danau Tahai

  1. Pantai Batakan

Pantai Batakan merupakan salah satu destinasi wisata alam Kalimantan yang berada Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Di kawasan tersebut sudah tersedia berbagai fasilitas, antara lain penginapan, masjid, restoran, cottage, dan playground.

Di area pantai ini pengunjung bisa menyaksikan Gunung Meratus yang kokoh dan hijau dihiasi pohon-pohon pinus. Pengunjung bisa berjalan menyusuri pantai, atau pun berkeliling dengan delman atau kuda. Jika ingin tantangan, bisa pula menyusuri menyusuri laut dengan menyewa perahu motor. Ketika petang hari, pengunjung bisa menyaksikan panorama sunsets dari pinggir pantai.

  1. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Merah merupakan salah satu destinasi wisata alam Kalimantan. Lokasinya berada di Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di Selat Makasar. Asal nama Beras Basah menurut masyarakat setempat berasal dari cerita rakyat Kalimantan Timur.

Pulau tersebut terbilang sepi pengunjung, jadi sangat sesuai bagi Anda yang menghendaki privacy. Di sini Anda bisa bersantai, berjemur, berenang, dan bersnorkeling untuk melihat panorama bawah lautnya.

Wisata Pulau Beras Basah

  1. Gunung Rian

Salah satu tempat wisata alam Kalimantan ini berada di Desa Safari Rian, Kecamatan Sasayap, Kabupaten Tana Tidung. Obyek wisata tersebut merupakan sebuah kawasan hutan lindung dengan berbagai spesies tumbuhan dan hewan yang hidup di dalamnya. Di kawasan ini juga terdapat sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Rian.

Selama perjalanan menuju lokasi pengunjung bisa menyaksikan serta mempelajari kebudayaan masyarakat Suku Dayak Tidung, Suku Dayak Brusu, Suku Dayak Lundayeh, Suku Dayak Kenyah, serta Suku Dayak Punan.

Anda tertarik untuk berkunjung ke sana? Ayo ke Kalimantan!

Posted in: Wisata