Pin It

Investasi pada Deposito Berjangka

Banyak sekali instrumen investasi di Indonesia yang bisa kita pilih, mulai dari yang risikonya minim hingga serius, ada yang memberikan keuntungan sedikti hingga bisa memberikan hasil berkali-kali lipat. Salah satu bentuk investasi adalah deposito tabungan. Jika Anda memiliki uang yang cukup banyak, Anda bisa “menitipkannya” pada bank untuk jangka waktu tertentu. Inilah yang disebut dengan investasi deposito berjangka. Jadi, investasi deposito adalah menyerahkan sejumlah uang di bank sebagai tabungan untuk jangka waktu tertentu, namun uang ini tidak bisa diambil sewaktu-waktu oleh nasabah sehingga harus menunggu waktu jatuh tempo sesuai kesepakatan. Ketika sudah jatuh tempo, uang akan diserahkan ke nasabah melalui nomor rekening yang sudah terdaftar beserta dengan bunganya sesuai dengan perjanjian. Jangka waktunya ada yang 6 bulan, satu tahun, ataupun 2 tahun. Bagi Anda yang tertarik dengan investasi deposito berjangka ini, ketahui beberapa manfaatnya sebagai berikut.

Investasi pada Deposito Berjangka

Suku Bunga Lebih Tinggi

Salah satu hal yang wajib Anda pertimbangkan adalah suku bunga dari deposito ini. Mungkin Anda berpikir bahwa mendepositokan uang sama saja dengan menabung setiap hari, sama-sama menitipkan uang kita di bank, bahkan tidak bisa ditarik sewaktu-waktu sesuai keinginan kita. namun, perlu Anda tahu, dibanding tabungan biasa, deposito menawarkan suku bunga yang lebih tinggi. Tentu saja ini adalah penawaran yang menarik, bukan? Bayangkan saja, Anda menitipkan uang kemudian tanpa harus melakukan apa-apa uang Anda bisa bertambah.

Lebih Aman Dibanding Investasi Lainnya

Dalam berinvestasi, kita harus siap menerima risiko terburuk semisal uang kita hilang atau berkurang ketika masa investasi selesai. Berbeda dengan investasi deposito berjangka. Hingga di akhir jatuh tempo, uang Anda akan tetap jumlahnya seperti semula, tidak akan hilang, bahkan akan bertambah karena adanya suku bunga selama ini. Jadi, untuk Anda yang ingin berinvestasi tapi tidak mau ambil risiko uang pokok hilang atau berkurang, maka deposito berjangka ini bisa Anda coba.

Menghindarkan Anda dari Sifat Foya-Foya

Tidak dipungkiri bahwa semakin hari masyarakat semakin bersifat konsumtif. Diskon yang bertebaran di mana-mana serta pemenuhan kebutuhan kehidupan yang serba praktis membuat kita ingin menikmati semuanya. Akibatnya, pengeluaran pun harus membengkak hanya untuk membeli barang-barang yang sebetulnya tidak seberapa diperlukan. Daripada membelanjakan uang untuk hal yang kurang bermanfaat, ada baiknya mendepositokannya di bank dalam jangka waktu tertentu.

Pilihan Jangka Waktu

Setiap bank memberikan penawaran yang berbeda-beda terkait dengan jangka waktu dan bunga dari deposito. Biasanya, semakin lama jangak waktunya maka akan semakin besar bunga yang bisa Anda dapatkan. Jangka waktu tersebut bisa satu bulan bahkan hingga beberapa tahun lamanya. Oleh sebab itu sebelum memilih bank mana, pikirkan baik-baik apakah Anda akan mempergunakan uang tersebut dalam waktu dekat. Jika tidak, maka ada baiknya Anda memilih jangka waktu lebih dari satu tahun. Jika sampai satu tahun ternyata uang itu belum Anda butuhkan, maka bisa mendepositokannya lagi untuk mendapatkan bunga.

Bisa Disimpan dalam Mata Uang Asing

Salah satu alasan kenapa deposito berjangka ini baik untuk investasi adalah bahwa Anda bisa menyimpannya dalam pilihan beberapa mata uang asing, tidak harus rupiah. Tanyakan pada bank tersebut, mata uang apa saja yang tersedia untuk deposito berjangka ini? Jika nilai mata uang yang Anda pilih ternyata memiliki nilai kuat dibanding rupiah, maka tentunya hal ini akan menguntungkan untuk Anda, bukan?Anda bisa menukarnya sekaligus mendapatkan bunga ketika masa deposito berakhir.

Sebaiknya uang yang Anda gunakan untuk deposito berjangka ini adalah uang “cuma-cuma”. Cuma-cuma di sini maksudnya, uang tersebut tidak akan digunakan dalam waktu dekat sehingga Anda bisa mendepositokannya hingga akhir perjanjian dan bunga yang Anda dapatkan juga akan maksimal. Untuk memulai investasi berjangka ini dengan mata uang asing, Anda bisa mencoba layanan Deposito Berjangka dari PT. Bank DBS. Deposito ini memberikan jangka waktu yang lebih fleksibel, mulai dari 7 hari hingga 12 bulan. Tunggu apa lagi, segera investasikan uang Anda di sini.

Posted in: Bisnis