Pin It

Membangun Karakter dan Pendidikan Anak Sejak Usia Dini

Banyak orang mengatakan bahwa usia dini adalah masa dimana kesuksesan dan keberhasilan seseorang akan di tentukan. Hal tersebut dikarenakan pada usia dini otak dapat berkembang dengan sangat cepat hingga 80%, oleh karenanya pada usia dini otak akan lebih mudah dan menyerap informasi yang diterimanya. Selain itu pada usia dini perkembangan baik fisik, spiritual dan mental seseorang akan mulai terbentuk sehingga banyak yang menyebutkan bahwa usia dini adalah golden age.

Sebagai orangtua terkadang kita sering tidak menyadari bahwa sikap kita dengan memukul dan memberikan tekanan yang berlebihan kepada anak seringkali akan dapat memberikan dampak negatif terhadap perkembangan karakter anak. Anak bisa saja akan memiki sikap rendah diri, penakut, minder dan sikap sikap negatif lainya. Karakter negatif tersebut akan sangat menghambat keberhasilan anak di masa depan jika karakter negatif tersebut terus ikut terbawa hingga mereka dewasa. Padahal sudah seharusnya kita memanfaatkan golden age tersebut untuk membentuk karakter baik fisik maupun mental anak sehingga akan menjadi pendukung keberhasilan dan kesuksesan anak di masa depan.

Membangun karakter anak yang baik juga harus didukung dengan memberikan pendidikan anak yang baik, mulai dari pendidikan dalam lingkungan keluarga hingga pendidikan dalam lembaga pendidikan seperti pendidikan anak usia dini, pendidikan anak sd, hingga ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuan orangtua dan anak.

Dalam memberikan pendidikan anak dan membangun karakter anak juga harus didukung dengan kecakapan dalam membangun hubungan emosional dengan diri sendiri, hubungan dengan orang lain dan juga hubungan dengan lingkungan sekitar serta yang tidak boleh terlewatkan yaitu membangaun hubungan spiritual dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Membangun Karakter dan Pendidikan Anak

Karakter yang didukung dengan hubungan 3 pilar tersebut adalah karakter yang di banyak miliki oleh orang – orang sukses dan merupakan karakter yang dapat di bentuk pada anak usia dini terutama melalui pendidikan anak usia dini dan pendidikan dalam lingkungan keluarga. Seperti telah di jelaskan di awal tadi bahwa perkebangan mental dan karakter anak di usia dini sangatlah cepat karena pada usia tersebut anak dapat dengan mudah mempelajari dan berlatih sesuatu yang mereka lihat, dengar dan mereka rasakan baik itu dari orangtua maupun dari lingkungan. Oleh karena itu lingkungan yang baik akan dapat membentuk karakter anak menjadi postitif dan akan sangat berguna baginya di masa depan.

Karakter anak akan terbentuk oleh 3 hubungan yaitu intrapersonal, sosial dan spiritual. Setiap hasil dari pemahaman ketiga hubungan tersebut akan menentukan prilaku anak. Jika pemahaman yang diperolehnya negatif maka akan menimbulkan perilaku negatif dan sebaliknya jika pemahaman yang diperolehnya positif maka akan menciptakan prilaku yang postitif. Oleh karena itu menumbuhkan pemahaman positif sejak usia dini sangatlah penting.

Biasakan anak untuk dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, namun harus anda perhatikan bahwa lingkungan yang baik akan memberikan dampak positif namun lingkungan yang memiliki kebiasaan negatif makan akan memberikan dampak negtif pula pada anak. Dalam hal ini kontrol dari orangtua sangatlah besar.

Hubungan yang ketiga dan yang tidak boleh terlewatkan adalah hungan spiritual dengan Tuhan Yang Maha Esa. Biasakanlah untuk memberikan contoh terhadap anak untuk memiliki hubungan spirtual dengan Tuhan Yang Maha Esa misalnya dengan mengajak anak untuk melakukan ibadah menerapkanya dalam kehidupan sehari hari.

Posted in: Parenting