Pin It

Mengenal Alergi dan Gejala yang Dapat Ditimbulkan

Anak adalah subyek yang paling rawan menderita alergi daripada orang dewasa. Hal ini sudah diketahui bersama bahwa anak terutama pada bayi mempunyai kadar antibiotik dan sistem kekebalan tubuh yang masih sangat lemah sehingga mudah terserang penyakit yang datang. Untuk dapat mengenal alergi lebih lanjut orangtua perlu untuk mengerti pengertian alergi, gejala, dan juga solusinya untuk dapat mengobati dan menghilangkan alergi agar anak dapat untuk beraktivitas normal.

Mengenal Alergi dan Gejala yang Dapat Ditimbulkan

Alergi sendiri dapat diartikan sebagai kegagalan proses kekebalan tubuh untuk dapat mencegah benda asing yang dapat masuk melalui sentuhan, suntikan, atau juga karena ditelan ke dalam tubuh. Benda asing tersebut menyebabkan reaksi berlebihan dari badan karena tidak dapat diterima dan kemudian menjadi alergi. Pada umumnya alergi sendiri memang banyak diderita oleh anak akan tetapi juga tidak menutup kemungkinan bisa juga dialami oleh orang dewasa yang sistem kekebalan tubuhnya sedang turun. Sehingga dengan sistem kekebalan tubuh yang kurang zat asing dapat dengan mudah masuk dan menyebabkan alergi.

Adapun gejala dari alergi yang biasanya timbul baik untuk anak maupun orang dewasa adalah:

  • Orang yang alergi akan menunjukkan adanya pembengkakan pada bagian wajah terutama bibir dan lidah.
  • Gejala alergi yang sangat kentara adalah terjadinya muntah dan diare setelah mengonsumsi makanan tertentu.
  • Selain itu orang alergi juga akan batuk-batuk dan bersin terus menerus ketika berdekatan dan bersentuhan dengan sumber alergi.
  • Untuk tahap alergi selanjutnya adalah penderita alergi akan mengalami sesak napas.
  • Dan apabila tidak segera dilakukan pengobatan maka penderita alergi akan hilang kesadarannya baik pingsan bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Fungsi dari mengenal gangguan alergi sendiri sangat bermanfaat karena walaupun kesannya penyakit sepele tetapi apabila tidak diobati dan dicegah dengan benar dapat menimbulkan hal yang fatal. Alergi sendiri sifatnya kambuh dan akan selalu terjadi apabila orang berdekatan dengan allergen. Seperti contohnya anak yang alergi terhadap susu sapi maka ia tidak bisa diberikan susu formula ataupun susu biasa yang mengandung bahan sapi. Solusinya adalah dengan mengganti susu tersebut dengan bahan non sapi seperti SGM Soya yang berbahan dasar dari kacang-kacangan.

Posted in: Kesehatan, Parenting