Pin It

Minuman Tradisional Indonesia yang Nikmat dan Menyehatkan

Indonesia bukan hanya terkenal karena keragaman budaya dan bahasa yang terdapat di dalamnya namun juga dari beragam makanan dan minuman tradisional khas Indonesia. Terdapat banyak sekali jenis minuman tradisional yang berasal dari berbagai daerah di indonesia, baik itu minuman hangat ataupun minuman dingin nya. Bahkan minuman tradisional tersebut rasanya tidak kalah nikmatnya di bandingkan dengan minuman – minuman modern.

Bukan hanya dengan rasa yang nikmat, beberapa minuman tradisional juga memiliki manfaat atau khasiat yang bagus bagi kesehatan tubuh yang sering tidak kita sadari. Minuman tradisional tersebut dapat dengan mudah kita buat sendiri di rumah dengan bahan yang mudah kita dapatkan di pasar tradisional maupun di supermarket terdekat dari tempat tinggal anda.

Berikut akan kami berikan beberapa jenis minuman tradisional yang berasal dari berbagai daerah di indonesia yang mungkin beberapa dari minuman tersebut sudah pernah anda coba.

  • Wedang Ronde

Minuman tradisional yang berasal dari pulau jawa ini lebih populer di kenal dengan sebutan “ronde”. Minuman ini sangat cocok untuk di minum pada saat hari dingin atau malam hari karena rasanya yang hangat dan agat pedas seperti wedang jahe karena memang minuman ini juga menggunakan jahe.

  • Secang

Minuman Secang Menyehatkan

Minuman tradisional ini terbuat dari kayu secang yang ditambahkan dengan gula agar terasa manis. Warna minuman ini agak kemerahan seperti minuman teh. Minuman tradisonal ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan seperti minuman herbal yang dapat bermanfaat untuk mengatasi perut kembung atau masuk angin, memperlancar aliran darah karena dapat mengatasi penyempitan pembuluh datah, minuman ini juga dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  • Bandrek

Badrek ini adalah salah satu minuman tradisional yang berasal dari sunda selain Bajigur namun dengan bahan yang digunakan sedikit berbeda namun sama sama menggunakan jahe. Selain jahe, minuman ini juga menggunakan bahan lain seperti cengkeh, kayu manis, merica dan daun pandan sedangkan untuk pemanisnya menggunakan gula aren.

  • Es Oyen

Resep Es Oyen

Anda mungkin baru mendengan nama es oyen ini sama seperti penulis, namun bagi masyarakat jawatimur terutama di daerah sidoarjo dan sekitarnya nama es ini pastinya sudah tidak asing lagi. Dari segi tampilan fisik es oyen ini hamir sama denga es campur dengan kandungan bebagai jenis buah buahan dan kelapa muda.

  • Es Selendang mayang

Masih banyak orang yang tidak mengetahui minuman khas dari betawi ini. Minuman es tradisional ini saat ini sudah sangat jarang sekali di temui. minuman ini terbuat dari bahan bahan seperti sagu aren dan agar agar yang dibuat berwarna warni seperti sebuah selendang kemudian di potong potong dan sajikan bersama dengan sirup gula atau kuah santan dan es.

Sebanarnya masih bnayka sekali berbagai minuman tradisional lain yang tiak kalah nikmat dan bermafaat bagi kesehatan. namun semoga beberapa jenis minuman tradisonal diatas dapat menambah wawasan anda tentang jenis-jenis minuman tradisonal.

Posted in: Lifestyle