Pin It

Pentingnya Peran Aktif Orangtua Dalam Pendidikan Anak

Semua orang tua tentunya sepakat jika dikatakan bahwa pendidikan anak merupakah sebuah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan dengan baik. Mendidik anak tentunya bukan hanya mengajari anak untuk melakukan sesuatu, namun jugauntuk mebuat anak menjadi sorang individu yang tentunya lebih dewasa dan mempunyai pemikiran yang luas untuk menjalani kehidupan di masa kini hingga masa depan. Oleh karenanya peran orang tua dan keluarga sangatlah penting dalam pendidikan anak terutama dalam usia dini atau usia sekolah.

Secara umum pengertian pendidikan anak dalam keluarga berarti sebuah pendidikan yang berlangsung atau dilakukan didalam sebuah keluarga dalam usaha untuk membangun dan menanamkan norma norma kehidupan dalam lingkungan kehidupan dan pengembangan berbagai macam perilaku dan kebiasaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pendidikan keluarga merupakan sebuah pendidikan alamiah dalam sebuah rumah tangga yang merupakan lingkungan pertama yang di temui oleh seorang anak dimana anak tersebut akan mempelajari banyak hal. Oleh karenanya keluarga mempunyai pengaruh yang sangat mendalam terhadap pendidikan anak dan lingkungan yang paling berpengaruh terhadap pembentukan karakter dasar sang anak. Dalam proses pendidikan anak, keluarga merupakan institusi pertama yang mengajarkan dan memberikan pendidikan pertama sebelum anak mulai belajar dari lingkungan masyarakat dan juga lingkungan pendidikan seperti sekolah.

Beberapa orang tua mendelegasikan pendidikan anak kepada kaum ahli atau guru, namun peran dari orangtua tetap tidak dapat tergantikan baik oleh guru, lembaga pendidikan maupun lembaga lembaga bakat. Peran aktif serta keterlibatan orangtua sangat penting di dalam proses pendidikan anak. Banyak orang tua yang menyadari akan pentingnya peran aktif orang tua dengan melakukan berbagai upaya dalam mendukung proses pendidikan sang anak, misalnya dengan menciptakan sebuah lingkungan dan suasana belajar yang nyaman, menerapkan dan mengatus waktu belajar dan bermain anak, mendampingi anak dalam belajar di rumah hingga mengalokasikan anggaran khusus untuk keperluan pendidikan anak.

Peran Aktif Orangtua Dalam Pendidikan Anak

Dalam beberapa hal peran aktif orang tua saja masih belum cukup untuk mendukung proses belajar anak. Selain peran aktif orangtua dan keluarga juga diperlukan komunikasi yang baik antara orangtua dengan pihak pendidik atau lembaga bakat untuk menyesuaikan metode dan gaya belajar sang anak. Selain itu pendidik merupakan sumber informasi yang sangat penting yang harus diketahui oleh orangtua sehubungan dengan aktifitas dan prilaku akan di luar lingkungan keluarga.

Peran aktif dan keterlibatan orangtuadalam proses pendidikan seringkali membuat sang anak merasa bangga dan dapat meningkatkan perasaan positif dalam diri mereka. Mereka akan mampu melakukan pekerjaan dnegan lebih baik dan akan merasakan kebanggaan prestasi ketika telah mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Dengan banyaknya dampak positif yang diakibatkan oleh terlibatnya orangtua dalam proses pendidikan, maka hal ini tidak dapat kita abaikan demi membantu anak dalam proses belajar untuk kehidupan masa depan mereka.

 

Posted in: Parenting