Pin It

Tips Memilih Manajer Investasi Sebelum Berinvestasi Reksa Dana

Berinvestasi di bidang reksa dana kini sudah tidak sulit lagi. Sebab kini ada perusahaan yang bertindak sebagai manajer investasi. Bila kita sudah memiliki pengetahuan dasar seputar reksa dana, kita bisa mengandalkan jasa manajer investasi terbesar di Indonesia untuk mengelola reksa dana yang kita miliki.

Memilih manajer investasi yang tepat memang harus dilakukan dengan cermat. Jadi, yuk simal dulu tips-tips ini supaya kita tidak salah pilih :

Legalitas yang Diakui Oleh OJK

Suatu manajer investasi yang berkualitas dan terpercaya pasti memiliki legalitas yang diakui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pihak OJK akan memantau transparansi dan proses pengelolaan investasi yang dilakukan manajer investasi yang terpercaya. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan tindak penipuan yang sering mengatasnamakan manajer investasi.

Manajer Investasi dengan Reputasi Baik

Manajer investasi terbesar yang ada di tanah air pasti memiliki reputasi yang baik. Karena manajer investasi tersebut tentu sudah membantu pengelolaan reksa dana dalam jumlah besar. Daripada tergiur dengan biaya kelolaan yang rendah, lebih baik kita mengandalkan manajer investasi terpercaya yang sudah jelas kredibilitasnya.

Tips Memilih Manajer Investasi

Jangan Ragu Meminta Portofolio

Rekam jejak manajer investasi yang baik akan disimpan dalam bentuk portofolio perusahaan. Jadi, kita tidak perlu ragu meminta portofolio perusahaan manajer investasi sebelum mempercayakan pengelolaan reksa dana. Laporan hasil investasi adalah cerminan untuk mengetahui kualitas kinerja suatu manajemen investasi.

Usahakan Agar Tak Tergiur dengan Untung Besar

Return yang besar bukan jaminan bagi suatu manajer investasi. Sebab manajer investasi yang baik tentu memiliki konsistensi pengelolaan yang dapat dipercaya. Keuntungan yang tergolong stabil dari waktu ke waktu adalah kunci utama dalam memilih manajer investasi. Jangan sampai kita memilih manajer investasi yang bisa memberi return besar di awal tetapi gagal memberikan keuntungan pada periode-periode lainnya.

Mencari Referensi dari Berbagai Pihak

Ketika kita mulai tertarik berinvestasi di bidang reksa dana, berarti kita harus bersiap untuk mencari referensi dari berbagai pihak. Mungkin kita memiliki kenalan atau kerabat yang sudah lebih dahulu menjalankan investasi di bidang reksa dana. Tak ada salahnya meminta referensi tentang manajer investasi yang kualitas kinerjanya sudah teruji.

Kini kita tak akan bingung lagi menentukan manajer investasi yang tepat sebagai pengelola reksa dana kita. Jika reksa dana bisa dikelola sebaik mungkin, tentu saja kita berpeluang mendapatkan keuntungan maksimal sesuai ekspektasi dan analisis kita.

Posted in: Bisnis