Pin It

Yuk Bunda Ketahui Beragam Posisi Bayi Dalam Kandungan

Saat anda menikmati proses kehamilan, bayi yang ada di dalam perut anda akan terus bergerak atau berputar di dalam rahim. Bahkan, bayi juga mengubah posisinya di saat mendekati waktu persalinan tiba. Perubahan posisi bayi tersebut menimbulkan suatu permasalahan saat perubahan posisi tidak sesuai dengan yang umum terjadi atau tidak sesuai dengan seharusnya. Salah satu posisi bayi dalam kandungan yang salah saat mendekati waktu persalinan adalah posisi horizontal atau melintang, posisi sungsang, dan lain sebagainya. Posisi-posisi yang salah tersebut dapat berakibat fatal terhadap petumbuhan bayi bahkan juga dapat menyebabkan bayi anda lahir dengan keadaan cacat. Berikut adalah macam-macam posisi bayi dalam kandungan agar anda mengenal lebih dekat tentang hal-hal yang harus diantisipasi saat melahirkan nanti.

Beragam posisi bayi dalam kandungan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu posisi bayi adalah posisi sungsang. Kemungkinan terdapat 4 atau 5 bayi dari 100 bayi yang dilahirkan. Posisi ini dinamakan sungsang karena kepala bayi yang terletak diatas sementara bokong dan kaki lebih dekat ke jalan lahir. Posisi ini bisa menjadi salah satu penyebab bayi lahir cacat atau trauma ketika proses persalinan. Sebagai cara antisipasi, setiap ibu hamil sebaiknya memeriksakan kandungan seminggu atau dua minggu sekali terutama saat mendekati waktu persalinan agar mengetahui posisi bayi. Hal ini akan sangat bermanfaat terutama pada bayi dengan posisi sungsang dapat mencegah kecacatan sejak dini.

Jika bayi anda dalam posisi sungsang, ada beberapa prosedur yang akan dilakukan oleh dokter, salah satunya adalah operasi caesar. Untuk menghindari posisi bayi dalam kandungan yang sungsang, para ibu hamil bisa melakukan beberapa gerakan ringan misalnya gerakan bokong dan pinggul yang bisa mengubah posisi kepala bayi. Kemungkinan bayi yang lahir sungsang juga disebabkan adanya kelainan anatomi pada bayi ataupun bentuk rahim ibu.

Berbagai Posisi Bayi Dalam Kandungan

Posisi bayi yang selanjutnya adalah posisi posterior. Umumya, bayi dilahirkan dengan wajah menghadap ke punggung ibu. Namun, pada posos posterior, wajah si bayi biasanya menghadap ke perut ibu. Posisi ini bisa menyebabkan nyeri punggung saat proses melahirkan. Nyeri tersebut bisa jadi tanda-tanda akan melahirkan khususnya jika bayi anda dalam keadaan posisi posterior. Jika pada bayi dengan posisi normal, tanda-tanda atau gejala yang dialami adalah merasakan kram pada perut.

Posisi kepala bayi yang menghadap ke bawah merupakan salah satu tipe posisi bayi dalam kandungan yang paling umum dijumpai. Perubahan posisi kepala bayi yang menghadap ke bawah dimulai di bulan ke delapan. Hingga mendekati persalinan, posisi kepala bayi akan terus mendekat dan mengarah ke jalan lahir dan kaki bayi berada di rusuk sang ibu. Jika pada bulan ke delapan posisi bayi dalam kandungan sudah seperti itu, biasanya posisi tersebut akan terus dipertahankan hingga menjelang proses melahirkan.

Posted in: Kehamilan